MENIKMATI kopi di pagi hari sendirian adalah kenikmatan yang tak bisa terbantahkan. Tapi menikmati kopi berdua atau beramai-ramai akan memberi sensasi nikmat yang tak tertandingi. Karena dengan kopi, kebersamaan berarti lebih dalam. Karena dengan kopi, percakapan menjelma hangat yang tak bisa dilupakan bahkan setelah cangkirmu tandas.
Menghangatkan Percakapan
Jika minum kopi sendirian membawa kamu pada kesendirian dan perenungan yang menagih. Maka ngopi berdua meramaikan dengan kehangatan percakapan yang tak kenal lelah. Cobalah ngopi dengan teman atau sahabat. Teguk demi teguk memberi keseruan yang entah darimana datangnya. Kamu takkan kehabisan ide untuk ngobrol. Kopi menghangatkan ceritamu hingga kamu dan teman ngopimu mendadak lupa waktu.
keseruan ngopi bersama
keseruan ngopi bersama
Meleburkan Jarak
Jika ada dua orang atau lebih yang belum mengenal satu sama lain bertemu di satu meja, maka biarkan kopi meleburkan kekakuan dan segala jarak yang ada. Seorang bijak pernah berkata “kopi adalah alat untuk mencairkan suasana. Bahkan di momen paling beku sekalipun”. Oleh karena itu, pesanlah kopi saat bertemu orang baru, lalu biarkan segala kekakuan mencair dengan semestinya.
Berbagi Pengetahuan Kopi
Ngopi berdua atau beramai-ramai dengan sesama pecinta kopi adalah keseruan yang tak habis-habis. Jika teman ngopimu adalah coffee addict or coffee enthusiast seperti kamu juga, maka bersiaplah mendapatkan aneka pengetahuan kopi baru secara cuma-cuma. Ada banyak sekali pengetahuan tentang kopi yang belum diketahui. Dan menikmati kopi bersama pecinta kopi berarti siap menampung segala ilmu dan mungkin juga resep kopi rahasia yang selama ini tak pernah kamu dapatkan dari manapun. Again, coffee is limitless knowledge. Dan berteman dengan sesama penikmat adalah keuntungan menyenangkan yang sungguh membahagiakan.
kedai kopi polem
keluarga besar kedai kopi polem
Inilah beberapa alasan kenapa ngopi lebih asik dinikmati berdua atau beramai-ramai. Kalau kalian, apa alasan ngopi berdua?

Menikmati secangkir kopi atau segelas coklat di Kedai Kopi Polem Sigli, rasanya kurang lengkap tanpa kehadiran makanan kecil pendamping teman minum. Kedai Kopi Polem Sigli punya beragam jenis kudapan seperti cake, indomie, nasi goreng, dan gorengan. Menu makanan ini memiliki cita rasa cocok bagi semua kalangan, juga dari porsi yang ringan hingga mengenyangkan. Kali ini kami akan menceritakan beberapa menu makanan favorit yang sering dipesan

oleh pelanggan di Kedai Kopi Polem Sigli.

Tom Yam

Tom yam adalah sup yang berasal dari Thailand. Sup ini merupakan salah satu makanan Thailand yang terkenal.Di Thailand, tom yum biasanya dibuat dengan udang, ayam, ikan, atau seafoof yang dicampur dengan jamur.Tom Yam

Di Kedai Kopi Polem Sigli kita menyediakan Tom Yam isi sayur dan daging ayam yang sudah diakui lezat oleh para penikmat tom yam di kota sigli. Cocok jadi menu makan siang dan malam Anda.

Nasi Goreng Kampung

Berbeda dengan nasi goreng jenis yang lain, nasi goreng ini dikenal melalui cara masakan nasi goreng itu sendiri. Nasi goreng ini, selain menggunakan bahan tumis biasa yaitu bawang,sayur dan ikan teri. Sayur yang biasa digunakan pula adalah sayur kangkung. Nasi goreng kampung juga turut terkenal dengan kepedasannya akibat penggunaan cabai merah api atau cabai rawit dalam masaka. Walau bagaimanapun, pelanggan boleh meminta untuk tidak meletakkan cabai agar tidak terasa pedas.Nasi Goreng Kampung

Patayya

Nasi goreng pattaya, atau secara sedeharna nasi pattaya, adalah hidangan Malaysia yang dibuat dengan membungkus nasi goreng ayam dalam telur dadar. Makanan ini juga disajikan bersama dengan saus sambal, timun, dan/atau kerupuk. Nama makanan ini berasal dari Pattaya, Thailand.Patayya

Di Indonesia jenis nasi goreng ini disebut juga sebagai nasi goreng amplop, dimana nasi goreng seolah-olah dimasukkan kedalam amplop yang terbuat dari telur dadar yang tipis. Makanan yang mirip juga ada di Jepang, dan disebut sebagai Omurice (dari kata dalam Bahasa Inggris omelette (Omuretsu) dan rice).

Banana Nugget

Siapa yang saat ini tak kenal banana nugget? Ya, banana nugget merupakan salah satu kuliner yang akhir-akhir ini kerap menjadi incaran masyarakat, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa.Banana Nugget

Banana nugget adalah makanan ringan yang berasal dari olahan pisang yang divariasikan dengan berbagai jenis topping yang disukai. Sesuai dengan namanya, banana nugget ini bentuknya seperti nugget, lengkap dengan sensasi krenyes-krenyes yang berasal dari tepung roti.

Kentang Goreng

Kentang goreng adalah hidangan yang dibuat dari potongan-potongan kentang yang digoreng dalam minyak goreng panas. Di dalam menu Cofe atau Coffee Shop ketang goreng menjadi menu yang wajib ada. Kentang goreng yang dipotong panjang-panjang dan digoreng dalam keadaan terendam di dalam minyak goreng panas disebut French fries.Kentang Goreng

Kentang goreng bisa dimakan begitu saja sebagai makanan ringan, atau sebagai makanan pelengkap hidangan utama seperti bistik, hamburger, fish and chips dan currywurst.

Inilah 5 pilihan makanan favorit sebagai teman “ngopi” di Kedai Kopi Polem Sigli. Masih banyak lagi pilihan makanan dan minuman yang enak dan lezat yang bisa jadi pilihan menu Anda ketika sedang mampir Kedai Kopi Polem Sigli. Selamat mencicipi.


Kopi Arabika
gelembung kopi espresso arabika

Kamu pasti sering melihat lapisan gelembung yang selalu hadir di atas permukaan kopi pagimu? Tapi tidak sekalipun berpikir bahwa gelembung-gelembung ini memiliki alasan spesial kenapa bisa mampir di sana. Well, lapisan gelembung ini adalah reaksi kimia yang sering disebut dengan istilah “bloom”.

Keberadaan gelembung-gelembung ini diawali dari proses yaitu roasting atau pemanggangan. Biji kopi yang dipanggang (sangrai) menyebabkan gas bernama karbondioksida (CO2) menjadi terperangkap di dalam setiap biji kopi. Itu kenapa dalam setiap kemasan kopi biasanya terdapat sebuah lubang satu arah (biasa disebut valve) yang berfungsi untuk tempat keluarnya CO2 sekaligus mencegah masuknya oksigen ke dalam kemasan biji kopi.
gelembung kopi seduh robusta
Jadi ketika bubuk kopi diseduh dengan air panas, gas yang ada pada kopi pun terlepas. CO2 yang terkandung di dalam kopi menyebabkan munculnya lapisan gelembung busa di permukaan kopi. Nah, proses inilah yang kemudian memulai proses ekstraksi.
gelembung kopi seduh wine arabika
Jadi seberapa penting gelembung pada permukaan kopi yang kamu nikmati setiap hari? Penting. Kenapa? Karena semakin banyak gelembung busa pada permukaan kopi di dalam cangkir berarti menandakan kopi tersebut masih segar dan baru. Sederhananya adalah kopi yang baru disangrai (roasting) biasanya mengandung lebih banyak CO2. Semakin lama kopi tersebut maka semakin sedikitlah CO2 yang ada di dalamnya. Dan jika pada saat diseduh hasil gelembung pada permukaan kopi kamu tidak begitu banyak, bisa jadi kopi yang kamu konsumsi itu bukanlah kopi yang segar atau baru di-roasting. Hal ini bisa sangat jelas terlihat apabila kamu melakukan metode manual brew dengan pour over V60. Kopi yang segar akan mengalami blooming pada saat diseduh air panas.

Nah, sudah tidak bingung lagi ‘kan kenapa gelembung pada kopi selalu hadir pada cangkir kopi kamu?
(sumber Majalah Otten)


kopi arabika  gayo
bunga kopi arabika

Kopi Arabika merupakan kopi tradisional yang rasanya dianggap paling enak oleh para penikmat kopi. Biji kopi arabika memiliki cir ciri ukuran biji yang lebih kecil dibandingkan biji kopi jenis robusta,kandungan kafein yang lebih rendah,rasa dan aroma yang lebih  nikmat serta harga yang lebih mahal.
Kopi arabika pertama dideskripsikan oleh Linnaeus pada tahun 1753. Varietas terbaik yang dikenal adalah typica
dan bourbon dan dari jenis ini beraneka ragam strain telah dikembangkan.
kopi arabika gayo
kopi arabika

Kopi arabica (Coffee arabica)
Nama ilmiah Coffee arabica
Klasifikasi :
Devisi spermatophyta
Sub devisi angiospermae
Kelas dicotyledoneae
Bangsa rubiales
Suku rubiaceae
Marga coffea
Spesies coffea arabica
Ciri ciri :
Habitus : perdu,tinggi 2 – 3 meter
Batang : tegak,bulat,percabangan monopodial,permukaan kasar.
Daun : tunggal,berhadapan,lonjong,panjang 8-15 cm,lebar 4-7 cm.
Bunga:majemuk,bentuk payung,kelopak lonjong,lima helai,panjang 3 mm,hijau,tangkai benang sari berlekatan.
Buah:batu,bulat telur,diameter 0,5-1 cm,masih muda hijau setelah tua merah.
Biji:berbentuk bola.
Akar :tunggang,kuning muda

kopi arabika
biji kopi yang sedang di sortir

VARIETAS KOPI ARABICA

Beberapa varietas yang terkenal meliputi :
* Kopi Kolombia (Colombian coffe) – pertama kali diperkenalkan  di kolombia pada awal tahunn 1800. Saat ini kultivar Maragogype,Caturra,Typica dan Bourbon ditanam dinegeri ini. Jika langsung di goreng kopi ini memiliki rasa dan aroma yang kuat.
* Colombian Milds – varietas ini termasuk kopi dari Kolombia, Kenya dan Tanzania. Semuanya adalah jenis kopi arabica yang telah dicuci.
* Guatemala Huehuetenango -ditanam 5000 kaki di bagian utara Guatemala.
* Ethiiopian Harrar – dari Ethiopia
* Hawaiian Kona Coffee – dari Hawai
* Jamaican Blue Mountain Coffee – dari Jamaica.
* Kopi Jawa
* Kenyan.
* Mexico.
* Mocha – kopi dari Yemen.
* Santos – dari Brasil.

kopi arabika gayo
bubuk kopi polem

* Sumatra.
* Sulawesi Toraja Kalosi.
* Tanzania Peaberry.
* Uganda.

Kopi Arabika Aceh
secangkir kopi arabika

Dari dulu hingga kini, kopi telah menjadi minuman yang dikonsumsi di seluruh belahan dunia. Harum yang khas dan cita rasa yang menggoda merupakan karakteristik dari kopi itu sendiri. Bahkan, kopi sering dimodifikasi sebagai bahan tambahan dalam pembuatan kue ataupun makanan lainnya.


Kondisi ini memunculkan sebuah pertanyaan dalam benak pikiran, yakni mengapa kopi disukai hampir di seluruh belahan dunia dari masa lalu hingga kini. 

Pastinya, terdapat beberapa faktor yang mendorong kopi menjadi bahan yang disenangi oleh warga dunia.Tentunya faktor tersebut memiliki fungsi masing-masing yang mendukung aktifitas-aktifitas keseharian manusia. Untuk itu, mari kita ulas 7 alasan mengapa kopi sangat baik untuk anda.

Kopi Arabika Aceh
biji kopi yang baru dipanen

Alasan Mengapa Kopi Sangat Baik Untuk Anda
1.  Kopi dapat membuat anda menjadi lebih pintar. Hal tersebut telah terbukti secara saintifik bahwa kopi  dapat menghambat proses bekerja Adenosine. Salah satu penyebab terhambatnya Adenosine dalam sistem kerja otak adalah karena kandungan kafein di dalam kopi. Ketika Adenosine terhambat, maka mood seseorang akan menjadi baik, lebih cepat tanggap, dan memiliki daya ingat yang lebih baik.
2.  Kafein dalam kopi memiliki fungsi untuk membakar lemak dan meningkatkan daya fisik. Kafein yang berfungsi untuk meningkatkan metabolisme berimplikasi pada oksidasi yang masif terhadap zat lemak yang terkandung dalam tubuh. Hal ini yang kemudian dapat membantu para konsumen kopi yang ingin membakar lemak tubuh. Oleh karena kinerja kafein adalah memacu sistem kerja fisik, jantung yang terpacu akan meningkatkan daya tahan fisik yang lebih baik.
3.  Kopi memiliki fungsi untuk mencegah datangnya penyakit diabetes tipe 2. Penyakit diabetes yang satu ini merupakan satu dari penyakit diabetes yang tidak mampu mencegah produksi insulin dalam tubuh. Dalam beberapa penelitian, kopi dapat mengatasi terjadinya diabetes dari prosentase 23% hingga 67%. Maka dari itu, semakin rutin anda mengonsumsi kopi, maka semakin jauh pula anda dari penyakit diabetes tipe 2.
4. Kopi juga dapat mencegah seseorang dari penyakit degeneratif otak, seperti Alzheimer dan Parkinson. Kedua penyakit ini adalah penyakit yang paling mematikan di dunia oleh karena menyerang sistem saraf otak dari seorang manusia. Melalui konsumsi kopi yang rutin, kedua penyakit ini bisa direduksi kemungkinannya hingga 60%. Sehingga, adalah langkah yang baik bagi anda untuk mencegah terjadinya hal buruk pada diri anda.
5.   Kopi bermanfaat sebagai revitalisasi fungsi hati. Sering kali, konsumsi alkohol yang berlebihan membuat hati tidak dapat berfungsi dengan baik. Beberapa penyakit yang dapat diciptakan adalah kanker hati dan hepatitis. Menurut penelitian konsumsi terhadap kopi dapat menurunkan kadar Cirrhosis yang menjadi akar dari permasalahan pada hati.
6.   Dalam sebuah studi yang memakan waktu hingga 20 tahun, kopi dinilai sebagai salah satu minuman yang dapat memperlambat kematian manusia. Manusia akan terhambat pada kematian sebesar 30%. Hal ini dilihat dari bagaimana penilaian terhadap kopi yang merupakan minuman tidak sehat. Melalui penelitian tersebut, terbukti bahwa kopi memiliki khasiat yang luar biasa.
7.    Kopi memiliki nutrisi yang sangat bermanfaat bagi tubuh, seperti Vitamin B5, Vitamin B2, Vitamin B3, Vitamin B1, dan Potasium. Beberapa vitamin ini sangat bermanfaat bagi tubuh. Di samping itu pula, kopi memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Sehingga, disarankan bagi anda untuk rutin mengonsumsi kopi dalam kurun waktu sehari untuk menjaga cadangan nutrisi di dalam tubuh. Pastikan anda mengonsumsi kopi demi kesehatan.

Source by : Otten


Secarah umum dikenal 4 jenis kopi yaitu Kopi Arabika (Arabica Coffee), Kopi Liberika (Liberica Coffee), Kopi Robusta (Cannephora Coffee), Kopi Excelsa (Dewevrei Coffee).Diantara keempat ini best of the best nya adalah kopi Arabika.

kopi robusta
Kopi Robusta
Di Indonesia menghasilkan 6 dari 7 jenis Kopi Arabika  yaitu Gayo (Aceh), Mandaling (Sumut),Kintamani (Bali), Mangkuraja (Bengkulu),Jawa dan Kalosi (Toraja).

Sementara satu jenis lainnya dihasilkan di Jamaica yang dikenal sebagai Blue Montain.

 

Kopi Arabika
Kopi Arabika

Jenis Arabika yang termasuk langka adalah speciality arabica dan jenis lainnya adalah kopi Luwak.
Arabika end Robusta
Arabika v.s Robusta
Syarat tumbuhnya tanaman kopi arabika adalah pada ketinggian 750-1500 dpl dengan suhu 15-18 derajat celcius. Kopi liberika tumbuh didaerah 500 – 1500 dpl dengan suhu 17 sampai 20 derajat celcius dan kopi robusta pada ketinggian 400-1000 dpl dengan suhu 18-24 derajat celcius.
tipe bentuk anak kopi
type of coffee beans
 

kopi excelsa
kopi excelsa


Kopi sanger kopi khas dari aceh
kopi sanger di kedai kopi polem sigli
Kopi, semua kalangan pasti tahu tentang biji ini, dan jika ditanya tentang daerah mana di nusantara yang sangat terkenal dengan kopinya, Salah satu jawabannya adalah Aceh. Daerah yang di juluki Bumi Serambi Mekah ini sangat terkenal dengan kopi dan warung kopinya, jika anda ke Aceh anda tidak perlu capek-capek mencari kedai kopi, baik kota maupun desa pasti ada warung kopinya. Dari tempat yang paling mahal sampai tempat paling cocok untuk mahasiswa. Berbeda dari warung kopi di daerah lain di nusantara. Warkop di Aceh mempunyai minuman unik yang dinamakan SANGER.

Kopi Sanger Kopi Khas dari Aceh
beberapa gelas kopi sanger
Sanger adalah kopi yang dicampur dengan susu kental manis,

dengan perbandingan kopi dan susu, tiga banding satu. Secara fisik , sanger memang mirip kopi susu(coffe latte). Minuman  ini bisa di buat dari kopi arabika dan robusta.


Kopi sanger kopi khas dari aceh
kopi sanger kopi untuk semua kalangan
Banyak cerita unik yang tersimpan dibalik kata “SANGER” banyak yang mengartikannya “sama-sama ngerti” istilah ini lahir di kalangan pecinta kopi di Aceh khususnya para mahasiswa. Ceritanya para mahasiswa yang ingin menikmati kopi susu dengan isi kantong pas-pasan, ketika memesan  langsung mengucapkan “SANGER” yang maksudnya susu yang di tuangkan Cuma satu per tiga dari kopi.

kopi sanger kopi khas dari aceh
selalu terasa nikmat di lidah
Seiring perkembangan warung kopi di Aceh, Sanger menjadi minuman yang di gemari banyak kalangan. Cerita tentang sanger pun sedikit demi sedikit mulai hilang. Cuma para pecinta kopi dan pemilik kedai kopi yang masih menyimpan cerita unik ini. Jika pembaca ingin menikmati minuman yang satu ini, silahkan ke Aceh terutama ke kota Banda Aceh.

Kopi Sanger Kopi Khas dari Aceh
menu kopi sanger di kedai kopi polem

Ingin mencoba kopi sanger arabika yang rasanya selalu nikmat dan tetap terjaga rasanya? Silakan bagi kawan-kawan mampir ke Kedai Kopi Polem di Jalan Keunire – Kota Sigli. Di sini kopi sangernya selalu ramai dipesan oleh para pengunjungnya. Selamat mencicipi sanger, minuman kopi khas dari Aceh. 


Kopi Aceh
barista kedai kopi polem


Sering di antara kita tertanya ketika menyesap kopi buatan sendiri di rumah, dan terkejutnya walau dengan biji kopi sama yang digunakan oleh barista, karakter rasa yang tercipta begitu berbeda dengan buatan barista di Kedai Kopi atau Coffee Shop, mengapa demikian?



Sajian kopi sememangnya bukan sekadar bubuk kopi dibansuh oleh air panas, dan kemudian menjadi kopi yang nikmat. Walau pun tentunya persepsi kenikmatan rasa kopi berbeda-beda, tapi semua akan sepaham bahwa kopi adalah sajian minuman yang unik. Bahkan, barista pun untuk menemukan keunikannya butuh latihan yang cukup lama. Jika ada permasalahan pada sajian kopi yang mereka buat, para barista akan menelusuri banyak variabel, dari mulai variabel suhu, senyawa air yang terkandung, distribusi ukuran partikel, rasio air terhadap kopi, waktu dan, mungkin yang paling penting, kualitas green bean.

Kopi Aceh
barista kedai kopi polem
Jika beranggapan minum kopi di kedai kopi begitu nikmat karena suasana tempatnya, tidak ada salahnya juga. Karena, suasana tempat ngopi juga menambah suasana hati untuk menikmati secara syahdu secangkir kopi. Bahkan untuk yang peka, sebenarnya suasana kedai kopi sengaja diciptakan senyaman mungkin memang untuk menambah suasana hati bagi pengunjung yang datang ke kedai kopi mereka. Kita juga bisa ciptakan suasana tempat ngopi yang nyaman di rumah, apakah itu di teras rumah dengan pemandangan langit atau di ruang baca ditemani buku-buku.

Untuk menyeduh kopi yang nikmat bukan berarti kita harus menjadi ahli kimia atau ahli fisika terlebih dahulu. Cukuplah dengan memahami keterkaitannya dengan sajian kopi, kita juga mampu menciptakan seduhan kopi yang nikmat di rumah. Memahami karakter biji kopi yang kita gunakan, dan bagaimana potensi rasa yang akan tercipta. Memahami karakter air seduhan yang kita gunakan, dan bagaimana air tersebut mampu mengekstraksi rasa kopi secara optimal. Hal ini adalah keterkaitan secara kimia, lalu bagaimana dengan fisika. Sederhananya, mengapa alat kopi seperti AeroPress, FrenchPress, Turkish, Pour-Over pada rasio kopi yang sama, memiliki karakter rasa yang berbeda. Memahami cara kerja alat kopi yang kita gunakan, akan membantu kita memilih alat kopi apa yang sesuai dengan karakter rasa kopi yang kita harapkan.

Kopi Aceh
kopi arabika gayo

Ketika bubuk kopi bertemu air seduhan  disinilah segala senyawa rasa terungkap, ketika air panas diseduh ke bubuk kopi dan mengeluarkan karakter rasa kopi yang khas. Kesan rasa asam buah-buahan, semacam rempah, seperti coklat, atau karakter rasa lainnya yang bisa kita telusuri melalui Flavor Wheel yang diterbitkan oleh Speciality Coffee Association.
Kemungkinan rasa yang terekstraksi merupakan peran teori kimia antara air seduhan dan bubuk kopi, juga peran teori fisika bagaimana bubuk kopi dan air seduhan bertemu dengan metode alat kopi yang digunakan.

Setelah memahami alat kopi seperti apa yang kita gunakan, maka selanjutnya kita harus memahami senyawa dari air seduhan, seberapa kasar bubuk kopi, dan kesegaran kopi yang digunakan. Karena dari 3 variabel tersebut kita mengatur rasio untuk kemungkinan karakter rasa yang kita inginkan.
(sumber : Majalah Otten)

Mari mengenal kopi lebih dekat dengan para barista di Kedai Kopi Polem Sigli.

Kopi Aceh
biji kopi yang sedang dijemur

Kopi Aceh
ceri kopi
Atau yang juga dikenal dengan sebutan wet process. Umumnya, proses ini bertujuan untuk menghilangkan semua kulit-kulit daging yang melekat pada biji kopi sebelum dikeringkan. Setelah dipanen, ceri-ceri kopi biasanya ‘diseleksi’ terlebih dahulu dengan merendamnya di dalam air. Ceri yang mengapung akan dibuang, sementara yang tenggelam akan tetap dibiarkan untuk proses lanjutan karena ceri-ceri demikian dianggap telah matang.



Selanjutnya kulit luar dan kulit daging ceri kopi akan dibuang dengan menggunakan mesin

Kopi Aceh
kopi yang sedang dikupas

Kopi Aceh
biji kopi yg telah dikupas

khusus yang disebut depulper (pengupas). Biji kopi yang sudah terlepas dari kulitnya ini kemudian dibersihkan lagi dengan memasukkannya ke dalam bejana khusus berisi air agar sisa-sisa kulit yang masih melekat bisa luruh sepenuhnya akibat proses fermentasi.


Kopi Aceh
biji kopi yg sedang dijemur

Durasi, atau lamanya kopi difermentasi ini berbeda-beda pada setiap produsen. Namun umumnya berkisar antara 24-36 jam tergantung temperatur, ketebalan layer getah pada ceri kopi, dan konsentrat enzimnya. Jika suhu di sekitarnya semakin hangat, maka prosesnya akan semakin cepat pula.


Setelahnya, biji-biji kopi yang hampir matang sebagai green bean ini kemudian dikeringkan dengan cara dijemur di bawah sinar matahari, atau diangkat di atas meja pengeringan, atau bisa juga dengan menggunakan mesin pengering mekanik jika di tempat kopi itu diproses tidak memiliki sinar matahari dan kelembaban yang cukup.
Meski kelihatannya boros air, tapi faktanya proses ini banyak dipilih oleh para produsen kopi. Alasannya, proses basah dianggap bisa membantu mengurangi cacat pada kopi. Karena pada saat proses pembersihan awal, setiap buah ceri kopi yang mengambang akan dibuang karena dianggap tidak memiliki massa yang cukup layak.
Profil rasa umumnya: Kopi-kopi hasil washed process umumnya memiliki karakter yang lebih bersih, light, sedikit berasa buah, body cenderung ringan dan lembut dengan tingkat keasaman (acidity) lebih banyak.
(sumber :Majalah Otten)


Proses natural ini juga dikenal dengan Dry Process. Proses ini termasuk teknik paling tua yang ada dalam sejarah proses pengolahan kopi. Setelah dipanen, ceri kopi akan ditebarkan di atas permukaan alas-alas plastik dan dijemur di bawah sinar matahari. Beberapa produsen kopi kadang menjemurnya di teras bata atau di meja-meja pengering khusus yang memiliki airflow (pengalir udara) di bagian bawah. Ketika dijemur di bawah matahari, biji-biji kopi ini harus dibolak-balik secara berkala agar biji kopi mengering secara merata, dan untuk menghindari jamur/pembusukan.

(biji kopi yang sedang dijemur, flickr)
Pada proses natural, buah kopi yang dikeringkan masih dalam berbentuk buah/ceri, lengkap dengan semua lapisan-lapisannya. Prosesnya yang natural dan alami ini akan membuat ceri terfermentasi secara natural pula karena kulit luar ceri akan terkelupas dengan sendirinya.
(biji kopi yang masih utuh sedang dijemur di atas lantai bata, flickr)
Proses natural ini dianggap mampu memberi notes ala buah-buahan pada kopi, dengan hints umum seperti blueberry, strawberry atau buah-buahan tropis. Kopi pun cenderung memiliki keasaman acidity atau keasaman yang rendah, rasa-rasa yang eksotis dan body yang lebih banyak. (sumber: Majalah Otten)